was successfully added to your cart.

Give your website a premium touchup with these free WordPress themes using responsive design, seo friendly designs www.bigtheme.net/wordpress
Kabar dari titik tengah Indonesia.

Kabar dari titik tengah Indonesia.

By October 26, 2017 Story No Comments

DESA UMPUNGENG, SOPPENG, SULAWESI SELATAN.

Ada yang menarik dalam pergelaran IOX Celebes 2017 kali ini. Selain para peserta disuguhi oleh jalur yang sangat melelahkan selama belasan hari, ternyata peserta juga diberikan kesempatan untuk dapat melihat dari dekat desa yang konon merupakan titik sentral Indonesia di kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan.

Dengan permainan navigasi, para peserta diwajibkan dapat mencapai titik navigasi yang ditentukan salah satunya adalah Desa Umpungeng. Desa yang terletak kurang lebih 1000 meter diatas permukaan laut dengan kontur pegunungan terjal menjadi tantangan tersendiri.

Desa Umpungeng memiliki cerita yang konon merupakan tempat musyawarah bagi kerajaan-keraajaan yang berada disekitar wilayah tersebut. Dengan adanya batu melingkar yang tertata rapi seakan-akan pernah digunakan sebagai tempat musyawarah atau perundingan pada zamannya. Batu megalitikum melingkar dengan bagian-bagiannya sampai pada bagian tumpukan atas menjadi simbol kekuatan zaman tersebut.

Tak banyak informasi yang didapat dari penduduk setempat mengenai keberadaan batu tersebut, tak ada data yang memastikan kapan batu tersebut digunakan, tak ada peninggalan yang dapat menjadikan benang merah sebagai bukti tentang kekokohan batu pemersatu tersebut.

Desa yang terletak 75 km sebelah utara Kota Makassar dan 28 km dari sebelah selatan kota Soppeng desa ini banyak menyimpan cerita sejarah yang harus terus digali. Batuan megalitikum yang tersusun menjadi satu, tulisan pada daun lontar yang masih tersembunyi, cerita tentang persembunyian Aru Palaka dari kejaran pasukan kerajaan Sultan Hassanudin semua hanya menjadi cerita masyarakat setempat dan belum ditemukan kebenarannya.

Sejarah hanyalah pembuka, biarlah semua nanti berkembang sesuai dengan apa yang didapat, namun yang terpenting adalah desa ini memiliki potensi wisata yang luar biasa selain isu dari sejarah-sejarah yang pernah lahir di titik sentral negeri ini. Desa Umpungeng layak menjadi desa tujuan wisata bagi para petualang yang adrenalinnya terus berpacu mencari ketenangan dalam jiwa.

Jadi kapan kalian bisa menikmati Kopi dan dodol asli Umpungeng disela-sela batu megalitikum yang beralas hijaunya rumput di pelatarannya.