was successfully added to your cart.

Give your website a premium touchup with these free WordPress themes using responsive design, seo friendly designs www.bigtheme.net/wordpress
Menoreh Asa Mengasah Kemampuan Diri. (Bag. Pertama)

Menoreh Asa Mengasah Kemampuan Diri. (Bag. Pertama)

By October 2, 2017 Story No Comments

MERATUS EXPEDITION 2017

Di Jalur Neraka Pegunungan Meratus Kalimantan Selatan.

Pagi diseputaran Kota Banjarbaru terlihat ramai oleh aktifitas warganya, lalu-lalang kendaraan menjadi tanda kesibukan. Mendung memberikan suasana sejuk saat kendaraan-kendaraan warga berlalu-lalang termasuk kendaraan peserta yang beriringan menuju kantor gubernur provinsi Kalimantan Selatan dan warna oren berbalut sticker kegiatan lengkap menjadi tanda pada kendaraan peserta Meratus Expedition 2017.

Ratusan orang dari berbagai provinsi di Indonesia dan bahkan beberapa dari negara tetangga telah berkumpul didepan gedung gubernur Kalimantan Selatan. Atribut lengkap memberikan ciri sebagai peserta dan simpatisan, semua berbaur menjadi satu dengan kesibukan masing-masing. Jejeran kendaraan bergardan ganda yang gagah berbaris rapih telah siap untuk melakukan perjalanan panjang.

Meratus Expedition 2017 merupakan kegiatan kedua kalinya yang dilaksanakan oleh Kabupaten Tanah Bumbu, dimana kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan andalan setiap tahun dalam memeriahkan hari jadi kabupaten tersebut. Meratus Expedition kali ini di mulai dari K otaBarabai Ibukota Kabupaten Hulu Sungai Tengah menuju Batulicin Ibukota Kabupaten Tanah Bumbu dengan jarak sekitar 325 km.

Sebelum masuk kedalam cerita petualangan sesungguhnya di belantara Pegunungan Meratus, sebaiknya mengenal dahulu sedikit tentang Kabupaten Tanah Bumbu yang merupakan salah satu kabupaten yang ada di Kalimantan Selatan, sebelumnya kabupaten ini berada dalam satu wilayah Kabupaten Kotabaru. Ibukota kabupaten terletak di Batulicin tepatnya di Kelurahan Gunung Tinggi yang dahulu bernama Desa Pondok Butun. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.066,96 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 315.815 jiwa dengan proyeksi pertambahan penduduk pada tahun 2014. Kabupaten Tanah Bumbu merupakan pemekaran dari Kabupaten Kotabaru yang ditetapkan dalam Undang-undang Nomor 2 Tahun 2003 tanggal 8 April 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Belangan di Provinsi Kalimantan Selatan. Dan berdasarkan Undang-undang tersebut, Kabupaten Tanah Bumbu selalu merayakan hari jadinya pada tanggal 8 April setiap tahunnya. Penduduk Tanah Bumbu menurut Hikayat Banjar terdiri dari orang Satui, orang Pulau Laut, orang Pamukan atau Dayak Samihim dan orang Paser maupun orang-orang Dayak Bukit yang tinggal di Pegunungan Meratus.

Pegunungan Meratus merupakan kawasan pegunungan yang berada di tenggara Pulau Kalimantan serta membelah Provinsi Kalimantan Selatan menjadi dua, membentang sepanjang kurang lebih 600 km2 dari arah tenggara dan membelok kearah utara hingga perbatasan Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Secara geografis kawasan Pegunungan Meratus terletak di antara 115º38’00” hingga 115º52’00” Bujur Timur dan 2º28’00” hingga 20º54’00” Lintang Selatan. Pegunungan ini menjadi bagian dari 8 kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan yaitu Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kabupaten Balangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kabupaten Tabalong, Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tapin. Sedangkan di Kalimantan Timur mencakup Kabupaten Paser, Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Barat bagian selatan. (Bersambung… )

Next Post