was successfully added to your cart.

Give your website a premium touchup with these free WordPress themes using responsive design, seo friendly designs www.bigtheme.net/wordpress
Tiba di Dayak Iban Dusun Sadap Kalimantan Barat

Tiba di Dayak Iban Dusun Sadap Kalimantan Barat

By April 10, 2011 Photo Gallery No Comments

SADAP, (17/3)—Pukul 11 malam WIB, rombongan Indonesia 4X4 Expedition (I4X4E): Hulu Kapuas Border, disambut dengan upacara adat orang Iban di Dusun Sadap, Kecamatan Benua Martinus, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis 17/3. Pemimpin rombongan, Greeffion Kamil, didau…lat untuk memotong umpang, sebatang kayu bulat diameter sepuluh cm yang disiapkan laksana pita pada acara pemotongan pita. Perlu tiga kali ayunan mandau bagi Greeffion untuk memutuskan umpang.

Segera kemudian serombongan anak-anak penari mempersembahkan tari selamat datang sambil rombongan berjalan menuju rumah betang. Rumah betang adalah rumah panjang khas orang-orang pedalaman Kalimantan. Begitu tiba di ujung rumah betang, rombongan disambut dengan padana, yaitu ritual mantera dan menombak babi. Wahyu, peserta dari Bali, didaulat mewakili peserta. Menurut F Tigang, tumenggung pemangku adat Iban Betang Sadap, ritual ini untuk keselamatan dan kesejahteraan, dan semacam izin untuk masuk rumah betang.

“Terimakasih yang tak terhingga kepada saudara-saudara kami di sini, yang menerima kami sedemikan rupa dengan upacara adat ini,” kata Fionk, panggilan akrab Greeffionk Kamil. Rombongan akan tinggal di Sadap selama dua hari. Di dusun ini, kegiatan utama adalah pengobatan oleh dr Silver Purba dan penanaman sejumlah pohon gaharu di batas Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK).

Sebelumnya, rombongan menempuh perjalanan darat selama dua hari dari Pontianak menuju Putussibau. Dengan 6 mobil bergardan ganda, berupa lima buah Land Rover, Toyota Land Cruiser VX, rombongan bertolak dari Pontianak Rabu 16/3. “Seluruhnya kami ada 23 orang, dari berbagai macam profesi dan latar belakang, dan disatukan perjalanan ini untuk mengunjungi saudara-saudara kami di sini,” kata Fionk lagi di depan masyarakat Sadap usap santap malam bersama.

Dusun Sadap dicapai dengan 4 jam perjalanan bermobil dari Putussibau, ibu negeri Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Sadap berbatasan langsung dengan Taman Nasional Betung Kerihun dan menjadi gerbang Taman Nasional tersebut. “Kami sangat bangga dan terharu, Bapak-Bapak semua mau meringankan hati dan langkah hingga tiba ke mari,” sambut Gimbau, Panglima Sadap.